PANEN KACANG TANAH DI KAJEN – PEKALONGAN

www.kajenonline.com-PANEN KACANG TANAH DI KAJEN – PEKALONGAN. Ada cerita yang sangat bagus untuk saya share…. , pagi ini saya mendapat  pemandangan yang sangat indah dalam hidup, saya melihat langsung PANEN KACANG TANAH secara konvensional di Kota KAJEN, tepatnya di Desa Tanjung Kulon. Kacang Tanah nya segar-segar dan cakep-cakep, Petani-Petaninya pun terlihat sangat senang dan bahagia dalam melaksanakan Panen tersebut, apalagi saya, senang banget, karena pemandangan ini adalah yang pertama kali saya dapatkan dalam  hidupku saya…. Alhamdulillah…., ALLAHU AKBAR….,

kacang tanah PANEN KACANG TANAH DI KAJEN – PEKALONGAN

Di Indonesia, kacang tanah merupakan tanaman yang paling banyak ditanam setelah padi, jagung dan kacang kedelai. Budidaya kacang tanah biasanya diaplikasikan sebagai tanaman sela ataupun tumpang sari.

Benih kacang tanah biasanya didapatkan dari kacang yang sudah dibiarkan sampai tua, kira-kira 100 hari atau 3 bulan. Buah yang siap dijadikan benih warnanya kehitaman dan apabila dibuka tidak memiliki selaput pada bagian dalam cangkang. Setelah benih dipanen, pilihlah kacang tanah  terlebih dahulu kemudian jemur selama 4-5 hari. Untuk menjaga kualitasnya, benih kacang tanah sebaiknya disimpan selama 3-6 bulan saja. Cangkang kacang sebaiknya tidak dikupas selama masa penyimpanan. Buka cangkang apabila benih akan digunakan. Benih yang paling baik untuk ditanam adalah benih yang baru.

Budidaya kacang tanah cocok di daerah dengan curah hujan sedang.

Curah hujan yang terlalu tinggi menyebabkan bunga sulit diserbuki dan terlalu lembab sehingga menyuburkan pertumbuhan jamur dan penyakit yang menyerang buah sehingga kacang tanah akan cepat membusuk. Penyinaran matahari penuh dibutuhkan saat perkembangan daun dan pembesaran buah. Budidaya kacang tanah idealnya berada di ketinggian 50-500 meter dari permukaan laut. Namun, tanaman ini bisa beradaptasi hingga ketinggian 1500 meter.

PANEN KACANG TANAH

Kacang tanah dipanen pada umur 90 hari atau 3 bulan setelah tanam. Ciri-ciri fisik kacang tanah siap panen antara lain batangnya mengeras, daun mulai menguning dan berguguran. Selain itu kita juga bisa mengambil sampling dan memeriksa secara langsung apakah bijinya sudah terisi penuh atau tidak.Karena terkadang masih ada biji kacang tanah yang mengecil.

selanjutnya saya berdoa, semoga dimasa yang akan datang panen KACANG TANAH dan hasil pertanian lainnya di KAJEN dan sekitarnya akan lebih BAIK & BERKAH, Aamiin..

Baca juga : Rumah_Bogor

This entry was posted in HOME, Lain-lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *